Menarik ! Jenis Baja Ringan Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

You are currently viewing Menarik ! Jenis Baja Ringan Beserta Kelebihan dan Kekurangannya
  • Post author:
  • Post category:Blog

Prima Bajaindo Sukses – Apa yang kalian tau dari baja ringan? Menurut Wikipedia Baja Ringan merupakan nama lain dari  baja karbon yang bersifat kaku dan kuat, sehingga banyak digunakan untuk keperluan konstruksi bangunan. Baja ringan mempunyai magnet yang artinya bisa juga digunakan sebagai rangka mobil, dan dapat untuk membuat peralatan listrik dan senjata api.

Baja ringan merupakan salah satu material penting yang sering digunakan dalam berbagai macam keperluan untuk konstruksi bangunan, terutama sering di pakai pada bagian atap bangunan. Baja ringan dapat disebut juga sebagai baja canai dingin atau cold-formed steel. Selain untuk membuat atap, biasanya baja ringan juga dapat digunakan untuk berbagai macam kebutuhan konstruksi, salah satunya ialah konstruksi interior.

Baja ringan pada saat ini banyak digunakan untuk pembangunan rumah, ruko, dan bangunan lainnya. Jenis baja ringan dan ukurannya bermacam-macam. Selain itu, baja ringan terbukti  lebih kuat dan sudah dipastikan harganya cukup terjangkau dibanding menggunakan material kayu atau bambu. Meskipun ringan, namun baja ringan sangat kokoh dan dapat mempertahankan bentuk aslinya dalam waktu yang lama. Tidak heran baja ringan menjadi pilihan masyarakat untuk konstruksi bangunannya.

Jenis- jenis  baja ringan serta fungsinya

Baja ringan sangat sekali jenisnya. Dan setiap jenis mempunyai fungsinya masing-masing. Pada artikel ini, kami akan merangkum jenis-jenis dari baja ringan serta fungsi nya agar pembaca dapat bersama-sama mengetahui jenis- jenis dari baja ringan beserta fungsinya. Jadi, jenis-jenis dari baja ringan adalah sebagai berikut:

  • Hollow

Hollow merupakan besi panjang yang berongga dengan diameter berbentuk segi empat. Hollow juga sering di sebut sebagai pipa panjang yang berbentuk kotak. Fungsi dari hollow sendiri adalah sebagai bahan baku atap, kanopi dan plafon. 

Hollow juga banyak memiliki kebelihan di bandingkan dengan kayu, misalnya tidak akan di makan rayap, terlihat lebih kokoh, dan mampu meredam suhu udara panas yang lebih baik. 

Besi hollow ini juga kuat terhadap karat sehingga hollow tidak mudah keropos. Untuk harga, pembelian hollow di hitung satuan. Harga tersebut di sesuaikan dengan lokasi dimana kalian tinggal, karena setiap harga pasti berbeda tergantung dimana kalian berdomisili. 

  • Kaso atau truss

Truss / kaso atau rangka batang merupakan struktur rangka yang terdiri dari gabungan batang-batang yang membentuk struktur segitiga dan terhubung satu dengan yang lain, juga ditaruh beban pada sendi-sendinya.  

Truss sangat berfungsi sebagai penguat rangka atap agar rangka atap tetap kokoh. Kaso atau truss juga sangat berfungsi sebagai penguat tiang dan kuda-kuda. Biasanya truss atau kaso ini mempunyai ketebalan 0.75mm sampai 1mm yang membuat truss sangat kuat.

  • Bondek

Bondek atau biasa disebut floordeck merupakan bahan bangunan pelapis dasar cetakan beton, yang berbentuk plat bergelombang . Bondek ternyata menjadi salah satu dari jenis baja ringan yang sering di gunakan oleh masyarakat untuk menjadi salah satu material konstruksi bangunan, yang dimana bondek berfungsi sebagai rangka pada tulangan, pelapis, bahkan pembungkus untuk menahan beban dan tekanan beton. Biasnaya, bondek digunakan sebagai pengganti triplek untuk mengurangi limbah konstruksi serta untuk di pakai dalam penggunaan jangka panjang.

  • Spandek 

Spandek mempunyai bentu lembaran yang bergelombang. Biasanya spandek dipakai untuk penutup atau lapisan luat pada atap rumah atau kanopi.

Spandek saat ini menjadi salah satu atap yang banyak di gunakan sebagai pengganti  genteng yang terbuat dari tanah liat yang saat ini mulai di tinggalkan. 

Spandek juga terbuat dari campuran dari campuran seng, alumnium, dan silicon, sehingga mempunyai sifat yang fleksibel dan ringan.

Spandek juga sama dengan jenis baja ringan lainnya yang anti karat dan tidak mudah keropos.

  • Reng

Reng merupakan rangka besi pengganti kayu atau bambu yang berbentuk bilah-bilah  yang fungsinya sebagai penopang dari genteng rumah. Reng atau kayu reng akan diletakkan dan dipasang secara horizontal untuk menjadi rangka utama dari genteng. Reng dari baja ringan lebih ringan dan tahan lama daripada reng yang terbuat dari kayu maupun bambu. Reng terbuat dari zinc yang aman dari karat serta cocok untuk di gunakan di cuaca tropis seperti Indonesia.

  • Baja ringan kanal c

Jenis baja ringan kanal C mempunyai bentuk seperti huruf C. jika saling dihadapkan dengan baja ringan lain, baja ringan kanal C akan membentuk seperti kotak persegi. Fungsi utama dari baja ringan kanal C adalah sebagai salah satu penyusun rangka atap dan juga kanopi rumah. Baja ringan kanal c ini kuat dan mampu menahan atap, kanopi, dan langit-langit rumah.

Kelebihan dari Baja Ringan 

Setiap jenis dari baja ringan yang sudah di terangkan di atas memiliki fungsi yang berbeda-beda. Namun semua jenis datri baja ringan mempunya kelebihan yang kurang lebihnya sama, yaitu:

  • Tahan karat dan anti rayap

Tidak seperti kayu dan bambu, material baja ringan anti rayap dan tahan terhadap karat yang disebabkan oleh air hujan dan sebagainya. Memakai material dari baja ringan sangat menguntungkan karena anda tidak perlu mengeluarkan biaya lagi untuk pergantian material yang lapuk akibat rayap dan karat.

  • Lebih murah

Dulu,sebelum  rangka baja popular di kalangan masyarakat, masyarakat menggunakan kayu dan bambu sebagai materialnya. Namun, lambat laun kayu dan bambu menjadi semakin sulit di dapatkan, sehingga harga kayu dan bambu semakin mahal. Hal ini yang membuat masyarakat beralih memakai baja ringan sebagai pilihan utamanya. Dari segi keawetannyapun rangka baja dapat bertahan lama sehingga lebih ekonomis untuk pemakaian jangka panjang.

  • Mudah dipasang dan mempercepat pemasangan

Baja ringan sangat mudah di pasang daripada kayu dan bambu, hal ini membuat proses pemasangan menjadi cepat selesai. Sehingga biaya untuk membayar tenaga tukang dapat berkurang.

  • Lentur dan kuat

Material dari baja ringan sangat lentur dan kuat. Baja ringan lebih lentur dibanding baja konvensional. kekuatan tarikan baja ringan mencapai 550 Mpa, sedangkan untuk kekuatan tarikan baja konvensional hanya 300 Mpa.  walaupun sifatnya lentur baja ringan ini mampu menahan kestabilan bangunan dibandingkan kayu. 

  • Dapat di daur ulang

Kelebihan terkhir dari baja ringan adalah materialnya yang mampu di daur ulang. Apabila anda ingin membongkar suatu bangunan, rangka baja ringan yang telah dibongkar  dapat di gunakan kembali untuk pembangunan berikutnya karena baja ringan tidak mudah lapuk atau mengalami kerusakan lainnya seperti penyusutan maupun karatan.

Jadi, itulah artikel terkait baja ringan, jenis dan fungsinya, serta kelebihan dari baja ringan, semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan anda terkait baja ringan. Kami merekomendasikan untuk membeli baja ringan di Prima Bajaindo Sukses karena produk yang ditawarkan sangat lengkap dan dapat berkonsultasi secara maksimal dalam memilih baja ringan yang akan anda gunakan.