Mengenal Triplek, Kayu Lapis Serba Guna

Mengenal Triplek, Kayu Lapis Serba Guna

Anda tentu sering mendengar tentang triplek. Ya, plywood ini adalah sejenis papan pabrikan yang terbuat dari beberapa kayu lapis veneer. Beberapa lapisan tersebut dilekatkan agar menjadi sebuah papan. 

Triplek cukup serbaguna, dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Tidak heran, sebab triplek bersifat fleksibel, murah, dapat dibentuk, didaur ulang, dan teknik pembuatannya pun tidak begitu rumit. 

Agar tercipta hasil yang kuat, kumpulan lembaran kayu direkatkan dengan lem yang searah dengan serat atau urat kayu. Serat dibuat dengan bersilangan 90 derajat yang kemudian ditumpuk dalam jumlah ganjil untuk menghindari pembengkokan yang membuat papan tersebut tidak bisa dipakai. 

Jenis – Jenis Triplek 

Dari segi jenisnya kayu ini cukup baik untuk dijadikan sebagai produk furniture. Berikut ini jenis – jenis triplek yang bisa Anda pilih sebagai material dasar furniture Anda. 

1. Particle Board

Jenis ini menggunakan serpihan – serpihan kayu untuk dijadikan sebagai papan. Kelebihan dari jenis ini sangat ekonomis dibandingkan yang lainnya. Hanya saja kualitasnya rentan terhadap air dan daya penopangnya yang rendah. 

2. Multiplek

Berbeda dengan particle board, multiplek dibuat dari kombinasi lapisan serat – serat kayu dan kulit kayu yang berlapis – lapis. Kombinasi tersebut kemudian dikompres menggunakan tekanan yang sangat tinggi. Tekstur atas dan bawahnya lebih kuat daripada tekstur tengahnya. 

Kabar baiknya, multiplek memiliki sifat tahan air. Perawatan yang baik memungkinkan multiplek bertahan hingga puluhan tahun. Selain itu tekanan tekuk jenis ini cukup baik, cocok sebagai bahan baku pembuatan furniture kesayangan Anda. 

3. Blockboard

Triplek jenis ini lebih tebal dari yang sebelumnya karena terdiri dari tiga lapis kayu yang digabung menjadi satu. Kedua lapisan luarnya lebih tipis dari lapisan dalamnya sebesar 0,5 hingga 2 mm. 

Jenis ini terbuat dari kayu akasia atau meranti, daya lengkungnya sangat rendah karena material pembuatannya yang sangat solid. Untuk mendapatkan kesan halus dan mengkilap, bagian luar Blackboard dilapisi veneer kayu. Blackboar sangat cocok untuk menampilkan kesan elegan dan modern di dalam ruangan. 

4. Teakblock

Seperti namanya, kayu jati menjadi material utama jenis ini. Teakblock berarti kayu jati dengan jenis blockboard. Karena materialnya yang merupakan kayu jati, jenis ini menjadi yang paling mahal dibandingkan lainnya. Hal tersebut karena jati mampu memberikan motif yang bagus dan bervariasi diserati kekuatan yang sangat bisa diandalkan.

Triplek Kayu yang Serbaguna

Banyak dari kita yang hanya mengetahui bahwa kayu ini dimanfaatkan untuk furniture saja. Padahal kayu ini juga cocok digunakan sebagai pelapis dinding. Triplek membuat dinding memiliki nilai estetika yang lebih tinggi. Jenis triplek yang biasa digunakan untuk pelapis dinding adalah kayu jati. 

Kitchen Set, lemari, dan buffet akan semakin cantik ketika dilapisi dengan triplek yang membuat tampilan lebih mengkilap. Lebih dari itu pembuatan lantai rumah, plafon, alas untuk memotong, dan pembuatan kerajinan tangan bisa diandalkan dengan kayu ini sebagai materialnya. 

Triplek Kayu yang Lengkap

Untuk membuat furniture berkualitas, tentunya Anda membutuhkan banyak pilihan agar menentukan mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. PBS sebagai suplier bahan bangunan menyediakan berbagai jenis triplek hingga besi dengan berbagai ukuran. 

Triplek PBS kokoh dengan daya tahan tinggi terhadap perubahan cuaca yang ekstrim. Di samping itu daya tekuk triplek pun harus Anda pertimbangkan sebelum memutuskan membelinya. Untuk dapat memesan beragam jenis kebutuhan konstruksi yang berkualitas dan lengkap, silakan hubungi PBS melalui Whatsapp di nomor 08118889738.